PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENELITIAN TINDAKAN KELAS;

Upaya Guru Mengatasi Masalah Di Kelas

Oleh : Surya Gunawan, S.Pd

Sebagai guru tentunya banyak pengalaman yang telah dirasakan, baik manis ataupun pahit dalam mengajar. Semua kegiatan yang dilakukan tidak selamanya berjalan dengan mulus dan lancar. Dalam kesehariannya, guru sering berhadapan langsung dengan kenyataan dimana siswa mengalami masalah baik yang berhubungan dengan pembelajaran maupun masalah yang lain. Sebagai guru tentunya kita tidak menginginkan siswa didik kita gagal.

Pengalaman manis dirasakan ketika siswa-siswa Kita berhasil meraih prestasi, yang sebagian merupakan kontribusi Kita. Namun tidak jarang, keinginan Kita yang mulia tersebut lebih sering tidak tercapai karena berbagai alasan. Misalnya, mungkin Kita sering menemukan siswa-siswa tidak bersemangat, kurang termotivasi, kurang percaya diri, kurang disiplin, kurang bertanggung jawab dsb. Berbagai upaya telah kita lakukan untuk mengatasinya, tetapi mungkin hasilnya masih jauh dari yang Kita inginkan.Oleh karenanya sebagai seorang guru, dirasa perlu untuk mengetahui permasalahan yang terjadi, dan bagaimana menyelesaikan masalah yang dihadapi tersebut.

Pada hakekatnya sebuah penelitian adalah pencarian jawaban dari pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya oleh peneliti. Selanjutnya hasil penelitian akan berupa jawaban atas pertanyaan yang diajukan pada saat dimulainya penelitian. Untuk menghasilkan jawaban tersebut dilakukan pengumpulan, pengolahan dan analisis data dengan menggunakan metode tertentu.

Meneliti itu tidak sulit

Bila mendengar istilah “penelitian”, maka tergambar di pola pikir kita sesuatu yang rumit, dan butuh waktu yang lama alias proses yang panjang. Penilitian bagi seorang guru tidak harus sekompleks atau serumit peneliti atau ahli pada bidang-bidang khusus. Yang diperlukan bagi seorang peneliti (guru) yang pertama sekali perlu dilakukan adalah mendapatkan ide adanya masalah atau pertanyaan tertentu, maka pada saat itu juga seorang peneliti mungkin sudah mempunyai jawaban sementara atas masalah itu. Dengan demikian seorang peneliti harus berfikir : Apakah masalah yang sedang terjadi, apakah pertanyaan yang ingin dicari jawabnya, atau apakah hipotesis yang akan diuji. Dalam melakukan penelitian, berbagai macam metode digunakan seiring dengan rancangan penelitian yang digunakan. Beberapa pertanyaan yang perlu dijawab dalam menyusun rancangan penelitian diantaranya adalah: Pendekatan apa yang akan digunakan, metode penelitian dan cara pengumpulan data apa yang dapat digunakan dan bagaimana cara menganalisis data yang diperoleh.

Dalam kaitannya dengan tugas mengajar guru maka jenis penelitian yang diharapkan adalah penelitian yang memiliki dampak terhadap pengembangan profesi guru dan peningkatan mutu pembelajaran. Dan pada dasarnya meneliti itu tidak sulit. Karena ruang lingkup penelitian bagi seorang guru adalah kelas, yakni ; seputar siswa, guru, lingkungan belajar, metode belajar, fasilitas dan lain sebagainya. Sering guru berpikir bahwa menulis itu susah, disamping itu juga kesibukan yang banyak menyita waktu sehingga tidak sempat lagi untuk melakukan kegiatan penelitan, dan banyak alasan yang lain. Sekali lagi, yang perlu ditanamkan dihati seorang guru adalah kita ingin memecahkan masalah yang terjadi didalam kelas.

Penelitian Tindakan Kelas dapat dilakukan guru dengan dua cara yakni; secara perorangan atau secara kelompok (kolaboratif). Adapun langkah-langkah penelitian tindakan menurut Cohen dan Manion, 1908; Taba dan Noel, 1982; Winter, 1989), langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut: (1) mengidentifikasi dan merumuskan masalah; (2) menganalisis masalah; (3) merumuskan hipotesis tindakan; (4) membuat rencana tindakan dan pemantauannya; (5) melaksanakan tindakan dan mengamatinya; (6) mengolah dan menafsirkan data; dan (7) melaporkan.

Diharapkan dengan dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas oleh para guru, masalah-masalah yang terjadi di dalam kelas dapat terpecahkan. Dan selanjutnya minat belajar, serta prestasi belajar peserta didik di kelas dapat meningkat.

Komentar