Penelitian Tindakan Kelas

Sebagai guru yang menjadi ujung tombak pendidikan, yang notabene adalah agen yang berada paling depan dalam dunia penddikan merupakan sosok yang berhadapan langsung dengan siswa didik.

Dalam kesehariaannya banyak maslah yang dihadapi dan dirasakan. Pahit dan manis dirasakan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa. Realita yang dihadapi tak semanis yang dibayangkan. persoalan dan kendala selalu ada dan menjadi aral yang merintangi perjuangan sang guru.
Senjata yang paling ampuh untuk mencoba memecahkan masalah yang dihadapi guru dapat dengan melakukan suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)/Classroom Action Research.
Dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guru dapat mengidentifikasi dan mencoba memecahkan masalah yang dihadapi di kelas.

Namun tidak semua guru mau dan merasa mampu melaksanakan kegiatan ini. Tapi tentunya usaha adalah yang paling penting. Bapak ibu para guru dapat melihat contoh serta bagaimana cara membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas seperti yang ada di bagian bawah blok ini.


Komentar